Selasa, 19 Januari 2016

PERANAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KEBERHASILAN PEMBELAJARAN


Di masa sekarang ini, seringkali orang-orang mengabaikan pentingnya ilmu bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat melihat di lingkungan sekitar kita, bukan hanya siswa saja yang banyak melakukan kesalahan dalam penulisan yang sudah disepakati di EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), tetapi guru dan staf juga sedikit atau banyak melakukan kesalahan yang sama.
Di sini saya tidak bermaksud menggurui, tetapi maksud saya adalah bukan berarti kita sebagai guru yang tidak mengajar pelajaran Bahasa Indonesia mengabaikan tata cara penulisan yang baik dan benar.
Jujur saya akui, sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia saya juga banyak menemui kesulitan untuk menulis yang sesuai dengan EYD.
Bahasa Indonesia sangat berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran, mengapa? Karena Bahasa Indonesia berperan besar dalam komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.
Jika penggunaan Bahasa Indonesia sering digunakan secara baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, maka tidak hanya Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin yang dipandang sebagai bahasa yang penting dan umum (bahasa internasional), Bahasa Indonesia juga akan lebih dihargai dan diminati oleh para pelajar dari negara lain.
Belajar Bahasa Indonesia juga mempermudah kita untuk mengenal berbagai macam kosakata yang jarang kita pakai dan dengar, serta mengetahui peribahasa-peribahasa yang belum kita ketahui sebelumnya.
Secara tertulis, Bahasa Indonesia dapat mempermudah siswa-siswi untuk merangkai cerita dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tidak hanya itu saja, Bahasa Indonesia juga membantu kita dalam membuat laporan, menulis surat, serta membuat esai.
Sejauh ini, saya melihat cukup banyak siswa di SMP Immanuel Program Bilingual yang memiliki minat di bidang tulis-menulis, bahkan sudah ada beberapa siswa yang rutin mengikuti lomba membuat cerpen, dan yang lebih membanggakan ada siswa yang cerpennya sudah dimuat dalam buku kumpulan cerpen yang sudah diterbitkan dan dijual di toko buku ternama.
Bagi saya, itu adalah satu di antara pencapaian yang cukup baik dari mereka.
Kemudian, beberapa siswa juga memiliki blog yang berisi tulisan-tulisan karya mereka. Blog mereka juga sangat menarik karena disertai foto-foto kegiatan yang telah dilaksanakan di lingkungan persekolahan Immanuel.
Menurut saya itu adalah sebagian besar peran dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang mereka terima di sekolah.
Secara instan, kita mungkin tidak langsung melihat siswa-siswi langsung menjadi penulis yang hebat, atau sebagai orang yang jago bermain peran dalam drama. Namun, kepercayaan diri mereka saat mereka menampilkan drama yang mereka buat dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, itu adalah suatu pencapaian yang baik.
Begitu juga ketika mereka dapat menulis karangan atau cerita pendek, saya kira kita patut memberikan apresiasi dari hasil karya mereka.
Budaya menulis dan membaca saat ini memang sedang digalakkan di lingkungan sekolah, karena sekarang banyak sekali sarana untuk mereka menulis dan membaca. Bahkan pada saat mereka sedang jalan-jalan atau liburan, ketika mereka secara tiba-tiba mendapatkan ide, mereka bisa langsung mencurahkan idenya melalui blog yang langsung diakses melalui smartphone.
Itu mengenai membuat tulisan. Tentang membaca, siswa-siswi dapat mengunduh atau membaca secara online melalui smartphone mereka buku-buku terbaru atau buku-buku populer yang mereka inginkan.
Saya kira ini yang dapat saya sampaikan mengenai peranan kemampuan berbahasa Indonesia dalam keberhasilan pembelajaran.
Keberhasilan belajar Bahasa Indonesia bukan hanya dilihat dari nilai akhir di rapor, tetapi dapat kita lihat juga dari rasa percaya diri siswa saat tampil di depan umum, maupun minat dan bakat mereka dalam menulis. Dan yang paling utama adalah cara mereka berkomunikasi dengan baik terhadap orang-orang di sekitar.

(Bacaan di atas merupakan tugas esai yang diberikan pihak sekolah kepada saya pada saat libur Hari Raya Natal kemarin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar