Sabtu, 02 Juli 2016

Perjalanan ke Riam Dait

Saya dan dua orang teman mencoba mendatangi tempat yang belum pernah kami datangi sebelumnya. Bermodalkan rasa penasaran dengan foto-foto yang beredar di internet, kami pun ingin melihat tempat tersebut secara langsung.

Rabu, 22 Juni 2016 kami pun berangkat ke Ngabang. Tempat yang akan kami tuju tersebut bernama Riat Dait yang memakan waktu kurang lebih 3 jam dari Kota Ngabang.

Rabu pagi kami berangkat dari Pontianak menuju Ngabang. Setelah kami sampai di Ngabang, kami mencari hotel untuk menginap, seperti yang sudah kami rencanakan sebelumnya, kami mencari hotel yang bernama Hotel Hong Long. Hotel yang memiliki fasilitas lumayan dengan harga yang cukup terjangkau.

Setelah tiba di hotel, kami pun beristirahat karena badan cukup letih menempuh perjalanan Pontianak-Ngabang yang berdurasi kurang lebih 4 jam.

Malam pun tiba, kami menikmati suasana malam hari di Ngabang, kami berkunjung ke rumah keluarga saya, kemudian menikmati kuliner Kota Ngabang, berfoto di Taman Kota Intan, dan destinasi terakhir malam itu adalah Kopi Tiam Hoki yang katanya adalah tempat paling gaul di Ngabang.
3 pemuda tampan di Taman Kota Intan

Keesokan harinya kami pun berangkat menuju Riam Dait, sebelum berangkat kami sarapan bakmie di pasar dan mengisi bahan bakar untuk kendaraan kami.

Jalan yang kami lewati awalnya mulus, semakin lama semakin banyak lubang, becek, aspal yang sudah jelek, bahkan jembatan yang sedikit berlubang.

Setelah perjalanan selama kurang lebih 90 menit, kami menemui persimpangan yang menunjukkan kalau itu adalah jalan masuk menuju Riam Dait.

Kami pun masuk ke jalan tersebut. Jalan kali ini berbeda, kalau sebelumnya kami melewati jalan aspal, kali ini kami melewati jalan tanah yang tidak sedikit ditemui bagian yang berdebu bahkan berlumpur.

Setelah melewati beberapa tanjakkan dan beberapa turunan, serta titian yang tidak kalah seramnya, akhirnya kami sampai di lokasi yang kami cari yaitu Riam Dait.

3 pria tampan sudah tiba di Riam Dait

Riam Dait tampak dari sebelah kiri

Riam Dait tampak dari sebelah kanan

Riam Dait tampak dari depan

Setelah berada kurang lebih 1 jam di Riam Dait, kami pun kembali menuju Ngabang dikarenakan takut terjebak hujan. Maklum, kalau hujan, jalan akan semakin berlumpur dan kami akan tertahan di sana.

Demikian sedikit pengalaman yang dapat kami bagikan, semoga dalam waktu dekat ada lagi tempat yang bagus yang bisa kami tuju.